SMKN 1 Singosari

Rise.Up KIM

Arti Nama dan Logo Rise.Up KIM

Arti Nama

Rise.Up KIM berasal dari kata Rise dan Up yang berarti "Terus Berkembang",

yakni Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang bertekad untuk terus mengembangkan seluruh potensi lokal yang ada pada masyarakat, khususnya di daerah Kabupaten Malang.

Arti Logo

Gambar bintang melambangkan suatu tujuan, yakni tujuan bersama yang muncul dari seluruh elemen masyarakat dan harus diwujudkan.

Gambar buku melambangkan ilmu, yakni ilmu yang berperan sebagai jembatan penghubung untuk mewujudkan suatu tujuan.

Gambar obor melambangkan semangat yang berkobar, yakni semangat yang dimiliki oleh setiap anggota masyarakat khususnya para generasi-generasi muda di setiap daerah dalam tindakan mewujudkan tujuan yang ada.

Gambar segilima melambangkan jumlah sila yang ada pada Pancasila,melambangkan nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila berperan sebagai batas / filter bangsa Indonesia dari pengaruh external yang bersifat destruktif.

Gambar anak tangga melambangkan langkah-langkah alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, yakni

1. Menghimpun

2. Mengajak maju

3. Merubah pola fikir

4. Mengajar berkarya

5. Melakukan praktik. dan

Warna merah dan putih yang melambangkan kita bekerja mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia

Jumat, 28 Agustus 2015

Siapkan Rumusan Standar Bahasa Arab Internasional

Siapkan Rumusan Standar Bahasa Arab Internasional
Jumat, 28 Agustus 2015 15:40



     MALANG – Pertemuan Internasional Bahasa Arab (PINBA) ke-IX dan Muktamar ke-V yang diselenggarakan kemarin (28/8) di Aula Gedung Rektorat UIN Maulana Malik Ibrahim berlangsung sukses. PINBA terlebih dulu dilakukan secara beruntun mulai pagi hingga petang. Disusul dengan Muktamar untuk menentukan Ketua Umum Ittihad Mudarrisin Lughoh Al-arabiyah (IMLA) periode 2015/2020 serta formasi lengkap pengurus pusat.

     Untuk PINBA, bentuknya seperti diskusi ilmiah. Beberapa pemakalah terpilih diberi kesempatan untuk menyampaikan karyanya di depan seluruh peserta. Makalah tersebut berbahasa Arab dengan tema besar tentang pengembangan bahasa Arab secara Internasional.
”Pemakalah ini bermacam-macam ada yang dari Indonesia dan tentunya berasal dari delegasi luar negeri. Temanya sama yakni tentang pengembangan bahasa Arab. Masing-masing menawarkan gagasannya di depan peserta PINBA yang lain,” terang Dr. Mamluatul Hasanah, MPd., Ketua Panitia PINBA k ke-IX dan Muktamar IMLA ke-V, disela-sela kegiatan PINBA, kemarin (28/8/15).
Selanjutnya, peserta konferensi juga dibagi menjadi beberapa panel komisi untuk membahas beberapa sub tema yang telah ditentukan. Mulai dari sub tema Bahasa Arab dalam konteks ilmu sosial, Bahasa Arab dalam konteks teknologi dan Bahasa Arab dalam konteks Humaniora.

     ”Masing-masing panel membahas tentang sub tema tersebut. Dari hasil pembahasan itu, akan dibuat sebuah laporan atau review serta rekomendasi,” tegas wanita yang juga sebagai dosen di fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim tersebut.
Hasil pembahasan yang berupa rekomendasi itu akan dipaparkan hari ini (29/8/15) didepan seluruh peserta yang mencapai 600 orang. Rekomendasi inilah yang merupakan inti dari hasil pertemuan para ahli bahasa arab dunia termasuk tentang standar bahasa arab secara internasional.
“Tentunya rekomendasi ini yang akan dirumuskan oleh tim perumus untuk diajukan ke pemerintahan sebagai pertimbangan kebijakan. Juga tentang standar bahasa Arab internasional. Jadi jika ada orang Indonesia yang ke Mesir tidak perlu lagi belajar bahasa mesir, namun bisa menggunakan bahasa arab yang terstandart,” jelas Mamlu’.

     Sementara untuk memulai Muktamar, seluruh pengurus terpilih dari 13 cabang terlebih dulu dilantik agar bisa ikut menjadi peserta resmi Muktamar. Baru setelah itu dilaksanakan sidang pleno I yang membahas soal penetapan Ketua Sidang, pembahasan tata tertib dan pembentukan komisi-komisi.
“Lalu ada pembacaan laporan pertanggungjawaban, sidang komisi dan sidang pleno dua. Baru setelah itu pemilihan ketua umum dan pengurus dilanjut pelantikan,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar