SMKN 1 Singosari

Rise.Up KIM

Arti Nama dan Logo Rise.Up KIM

Arti Nama

Rise.Up KIM berasal dari kata Rise dan Up yang berarti "Terus Berkembang",

yakni Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang bertekad untuk terus mengembangkan seluruh potensi lokal yang ada pada masyarakat, khususnya di daerah Kabupaten Malang.

Arti Logo

Gambar bintang melambangkan suatu tujuan, yakni tujuan bersama yang muncul dari seluruh elemen masyarakat dan harus diwujudkan.

Gambar buku melambangkan ilmu, yakni ilmu yang berperan sebagai jembatan penghubung untuk mewujudkan suatu tujuan.

Gambar obor melambangkan semangat yang berkobar, yakni semangat yang dimiliki oleh setiap anggota masyarakat khususnya para generasi-generasi muda di setiap daerah dalam tindakan mewujudkan tujuan yang ada.

Gambar segilima melambangkan jumlah sila yang ada pada Pancasila,melambangkan nilai-nilai yang terkandung pada setiap sila berperan sebagai batas / filter bangsa Indonesia dari pengaruh external yang bersifat destruktif.

Gambar anak tangga melambangkan langkah-langkah alternatif yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan bersama, yakni

1. Menghimpun

2. Mengajak maju

3. Merubah pola fikir

4. Mengajar berkarya

5. Melakukan praktik. dan

Warna merah dan putih yang melambangkan kita bekerja mengabdi pada Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sabtu, 29 Agustus 2015

SMKN 1 Singosari

SMKN 1 Singosari

Sejarah



SMKN 1 Singosari berdiri pada tanggal 16 Oktober 1951 sesuai SK Menteri P & K Nomer 4490/B.II/1951 bertempat di komplek SMA Tugu Jl. Alun-alun bunder Kota Malang dengan nama STM 1 Malang. Kemudian Th 1953 mulai berdiri beberapa STM di Kota Malang yang pada akhirnya Th 1960 beberapa STM tersebut digabung menjadi satu dengan STM 1 dan menempati tiga lokasi yaitu di Jl. Belitung, Jl. Tanimbar, dan Jl. Nusakambangan. Berdasarkan keputusan Menteri No 090/0/1979 pada tahun 1979 STM 1 Malang berubah nama menjadi STM Malang karena merupakan satu-satunya STM Negeri di Malang. Pada th 1981 mulai menempati gedung baru di Jl. Raya Mondoroko No.3 Telpon 0341-458138 atau 0341-458139 Singosari hingga sekarang.


Visi dan Misi

Visi :

Visi yang diemban oleh SMK Negeri l Singosari adalah: "Menghasilkan tamatan yang berkualitas, berdedikasi tinggi, bertaraf Internasional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa".

Misi:
  1. Mengoptimalkan pengelolaan Sekolah secara Profesional 
  2. Menerapkan sistem managemen mutu ISO 9001 – 2008 
  3. Menekankan kompetensi pembelajaran Berstandar Internasional 
  4. Mengembangkan kompetensi berbasis karakter 
  5. Mengembangkan pendidikan berbasis kewirausahan 
  6. Mengembangkan sistem pembelajaran dan informasi barbasis IT 
  7. Memantapkan penggunaan Bahasa Inggris di sekolah 
  8. Mengembangkan Unit Produksi dan Jasa 
  9. Menyelenggarakan Career Center (CC) 
  10. Mengoptimalkan Bursa Kerja Khusus (BKK) Sekolah 
  11. Memberdayakan peran dan fungsi komite sekolah 
  12. Menyelenggarakan pendidikan sekolah berwawasan lingkungan (Green, Clean and Health School) 
  13. Membangun kerja sama dengan industri melalui Pendidikan Sistem Ganda 
  14. Meningkatkan penyaluran tamatan ke industri-industri Nasional dan Internasional

Kebijakan Mutu

Seperti yang kita ketahui, bahwa Kebijakan Mutu merupakan visi-misi yang berfungsi sebagai pedoman arah kebijakan sekolah jangka panjang dalam hal perbaikan mutu secara terus menerus. Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang : Sali Rochani menyampaikan bahwa Kebijakan Mutu di SMK Negeri 1 Singosari sudah waktunya untuk direview, dikaji ulang serta disempurnakan sesuai dengan perkembangan yang ada di lingkungan sekolah. Untuk itu per tanggal 02 Januari 2012 kemarin, diterbitkanlah Kebijakan Mutu terkini yang mengacu pada Visi Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Malang : MADEP MANTEB dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, disamping itu SMK Negeri 1 Singosari juga fokus terhadap penyempurnaan mutu kurikulum maupun pengintegrasian mutu pembelajaran dengan ketrampilan serta character building yang mandiri, kokoh dan santun. Berikut isi Kebijakan Mutu SMKN 1 Singosari Kabupaten Malang yang terkini :


Program Sekolah

Program Unggulan SMK Negeri 1 Singosari
  1. Program Mekanik Alat Berat yang merupakan Kelas Industri kerjasama dengan PT. Trakindo Utama yang merupakan agen tunggal Alat Berat merk CATERPILAR 
  2. Program Mekanik Astra kerjasama dengan PT. Astra International Tbk. Dengan pola belajar week release yaitu l minggu belajar di sekolah dan l minggu belajar di Industri ( Toyota , Daihatsu, dan Isuzu) secara bergantian selama 2 tahun 
  3. Program SNBI Advance Otomotif yaitu suatu program keahlian yang berstandar Internasional kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB), Mitra Internasional dan VEDC Malang 
  4. Program Community College Multi Kampus Mekanik Otomotif Kerjasama dengan Politeknik Malang (POLMAL), dan VEDC Malang 
  5. Program Community College Mekanik Alat Berat kerjasama dengan PT. Trakindo Utama 
  6. Program Community College Hotel Engineering (HE). Kerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) dan VEDC Malang 
  7. Program Production Base Training (PBT) untuk Program Keahlian Teknik Permesinan (Produksi Hand Tractor) Last Updated on Thursday, 26 March 2009 12:24 
Program Pengembangan SMK Negeri 1 Singosari

  1. Program Mekanik Alat Berat yang merupakan Kelas Industri kerja sama dengan PT.Trakindo Utama yang merupakan agen tunggal Alat Berat merk CATERPILLAR.
  2. Program Mekanik Astra kerja sama dengan PT. Astra International Tbk. Dengan pola belajar week release yaitu 1 minggu belajar di sekolah dan 1 minggu belajar di Industri (Toyota, Daihatsu, dan Isuzu).
  3. Program Sekolah Nasional Bertataraf Internasional (SNBI) untuk Program Keahlian Advance Otomotif yaitu suatu program pendidikan keahlian yang berstandar Internasional bekerjasama dengan Mitra Internasional dan VEDC Malang. 
  4. Program SMK Besar dalam rangka percepatan dan peningkatan index kualitas SDM di Indonesia. 
  5. School Mapping sebagai pusat informasi pendidikan di Kabupaten Malang. 
  6. ICT (Informasi and Comunication Technology) Center sebagai pusat pengembangan informasi dan komunikasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
  7. Career Center sebagai pusat pendidikan dan pelatihan calon mekanik alat berat bekerjasama dengan PT. Altrak 1978.
  8. Program Production Base Training (PBT) untuk Program Keahlian Teknik Pemesinan (Pembuatan mesin pertanian / Hand Tractor).
  9. TUK (Tempat Uji Kompetensi) Lembaga Sertifikat Profesi untuk Teknik Otomotif (LSP – TO). 
  10. Pendidikan olahraga berbasis kompetensi dalam rangka penyaluran bakat dan minat siswa dibidang olahraga untuk menghasilkan olahragawan yang berprestasi. 
  11. Menuju SMM. ISO 9001 : 2000 sebagai SMK yang memiliki standart manajemen mutu internasional.

Struktur Organisasi SMK Negeri 1 Singosari

Struktur Organisasi SMK Negeri 1 Singosari sebagai berikut :



6 komentar: